Kamis, 2 Oktober 2014
Breaking News
Home » Articles » TBC (TB Paru) Bisa Disembuhkan!

TBC (TB Paru) Bisa Disembuhkan!

Tuberkulosis atau yang lebih dikenal TBC merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Organ yang paling sering diserang adalah paru-paru, ditandai dengan adanya flek putih menutupi bagian paru-paru. Itulah sebabnya kadang penyakit ini disebut sebagai TB paru.

Keadaan Paru-Paru Penderita TBC

Keadaan Paru-Paru Penderita TBC

Adapun gejala-gejala yang dialami penderita TBC antara lain:

  1. Batuk batuk lebih dari sebulan
  2. Batuk darah (walaupun hanya sedikit, perlu diwaspadai)
  3. Sering terasa sesak nafas
  4. Nyeri dada pada waktu bernafas
  5. Suhu badan meninggi lebih dari 4 minggu
  6. Terasa gerah waktu dinihari
  7. Nafsu makan menurun
  8. Berat badan menurun
  9. Lemas tidak bergairah

Penularan penyakit ini karena kontak dengan dahak atau menghirup titik-titik air dari bersin atau batuk dari orang yang terinfeksi kuman tuberkulosis.

Penyakit ini merupakan penyakit yang saya derita saat ini dan telah membuat saya harus diopname selama 7 hari (seminggu). Awalnya, semua gejala yang ada di atas sudah terjadi sejak bulan Ramadhan kemarin. Atas saran bibi yang jadi dokter di RS Islam Darus Syifa’ Surabaya, saya menjalani tes foto rontgen untuk paru-paru. Hasilnya sangat mengejutkan, paru-paru saya dipenuhi flek putihdi hampir semua bagian. Tes lanjutan pun disertakan yakni tes dahak dan tes darah. Alhamdulillah, hingga kini saya masih bertahan dan berobat jalan.

Menjalani Nabulizer

Menjalani Nabulizer

Seminggu yang lalu, saya diopname karena susah tidur, badan panas dingin gak karuan, dan berat badan semakin turun. Dokter pun khawatir saya mengidap HIV, karena TBC juga bisa dikarenakan serangan virus HIV. Tes AntiHIV pun saya jalani, alhamdulillah negatif. Kemudian, saya melakukan tes dahak untuk kesekian kali. Berhubung saya dari kecil gak bisa ngeluarin dahak, maka dokter melakukan nebulizer 3 kali sehari hingga seminggu. Alhasil, perlahan saya bisa mengeluarkan dahak (riak), walaupun hanya sedikit demi sedikit. Dahak tersebut kemudian dites di laboratorium dan hasilnya negatif karena saya telah meminum obat TBC Rimstar setiap pagi hari. Hasil negatif ini menurut dokter bahwa penyakit TBC saya tidak menular. Alhamdulillah… Sekarang tinggal menjalani pengobatan jalan minimal 6 bulan. Mohon do’anya kawan, semoga saya sembuh total!

Udah, mumpung masih muda kalau mengalami gejala seperti di atas segera ke Puskesmas mumpung ada program pemerintah Pemberantasan Penyakit TBC Gratis. Kalau mau lebih canggih hubungi aja dokter spesialis paru di RS terdekat. Gak usah malu, demi kesehatan bersama. Aku Sehat, Kamu Sehat, Semua Sehat!

Lebih detail klik link ini.

About Anas

Hanya seorang blogger saja!