Rabu, 16 April 2014
Breaking News
Home » Monetize » Memulai Monetisasi Blog

Memulai Monetisasi Blog

Kita seringkali mendengar kata Blog Monetize / Monetisasi Blog / Bisnis Blog. Monetisasi blog adalah suatu proses untuk membuat blog mempunyai nilai tawar yang tinggi. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa blog dapat digunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan baik berupa dollar (USD) atau rupiah (IDR). Ada berbagai cara yang dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan ini, sebagai contoh adalah membuat review suatu barang / website (paid reviews) atau yang biasa dikenal dengan istilah Paid Per Post atau Paid per Review, pemasangan iklan, mengajak seseorang untuk gabung (Refferal) dan lain sebagainya.

Modal untuk memulai monetisasi blog adalah kemauan, kerja keras tanpa mengenal menyerah, ketekunan, kreatif, inovatif, dan berdoa. Tidak hanya itu, Anda juga harus melakukan BlogWalking untuk menjaring pengunjung dengan jumlah yang tinggi. Selain BlogWalking Anda dapat melakukan tukar link dengan pengguna blog yang lain, hal ini untuk meningkatkan pagerank website Anda. Blog dengan pagerank dan jumlah pengunjung tinggi memiliki peluang yang besar untuk memperoleh hasil yang maksimal. Tentunya dengan konten yang berbobot pula.

Secara umum jenis-jenis monetisasi blog adalah sebagai berikut:

  1. PPC (paid per click)
    Paid per click artinya dibayar setiap klik, hanya dengan memasang iklan baris / iklan banner di blog kita, kita akan dibayar ketika ada orang yang meng-klik iklan tersebut. Ada banyak broker yang dapat diikuti seperti: google adsense, clicksor.com, chitika.com, bidvertiser.com, kumpulblogger.com, kliksaya.com, adsensecamp.com, ppcindo.com, dll.
  2. PTC (paid to click)
    Paid to click artinya dibayar untuk mengeklik, hanya dengan membuka link yang disediakan di website broker, kita akan dibayarnya. Biasanya penghasilan dari PTC ini relatif sangat kecil dan terdapat pembatasan dalam banyaknya mengeklik. Saat ini sudah banyak broker PTC baik lokal maupun luar negeri, bisa dicari lewat google.
  3. PPR (paid per review)
    Paid to review artinya dibayar untuk mereview, hanya dengan mereview suatu barang / website kemudian memasang link dengan anchor text tertentu, kita akan dibayarnya. PPR ini merupakan cara paling cepat dalam mendapatkan uang, Akan tetapi, sangat sulit sekali mendapat job dari broker. Syarat utama untuk mengikuti PPR adalah mempunyai blog. Kemudian agar mudah mendapatkan job maka blog Anda harus mempunyai pagerank yang tinggi baik Google Pagerank maupun Alexa Rank. Anda pun harus kreatif dalam menulis review dan tidak boleh menjiplak dari situs lain. Ada beberapa broker PPR yang dapat diikuti seperti: BuyBlogReviews.com, linkworth.com, blogsvertise.com, sponsoredreviews.com, reviewmu.com, dll
  4. PPS (paid per survey)
    Paid per review artinya dibayar per survey, hanya dengan menjadi responden survey dari broker, kita akan dibayar setiap kali mengisi survey tersebut. Akan tetapi, beberapa broker memiliki syarat yang cukup berat yakni berkewarganegaraan USA. Satu diantara broker PPS yang dapat diikuti adalah AWsurveys.com. Untuk yang broker lainnya bisa searching sendiri di Google.
  5. PPD (paid per download)
    Paid per download artinya dibayar per download, hanya dengan memasang link download di blog kita, kita akan dibayar ketika ada orang yang mendownload file tersebut. Sebagai contoh adalah Ziddu.
  6. Affiliate
    Affiliate adalah suatu program affiliasi, Anda akan mendapatkan komisi atas penjualan suatu barang yang terjadi melalui link affiliatenya. Anda bisa memasarkan produk orang lain tanpa harus membeli terlebih dahulu untuk stok. Beberapa program affiliate yang dapat diikuti adalah click2sell.eu, paydotcom.com, dll.
  7. Referral
    Ini adalah jenis monetisasi yang paling mudah, Anda tinggal memasang link referral saja di blog. program referral ini hampir sama dengan bisnis MLM. Setiap kali ada orang yang bergabung melalui kode referral kita, maka komisi pun akan mengucur. Biasanya setiap broker mempunyai program referral tersendiri, jadi Anda bisa mengikutinya setelah bergabung dengan broker tersebut.

Nah, itu sekelumit tentang Blog Monetize / Monetisasi Blog / Bisnis Blog beserta macam-macamnya. Mudah-mudahan bermanfaat.

Selamat mencoba!

NB: Jika ada pendapat lain atau ingin menambahkan silahkan tulis di komentar

About Anas

Hanya seorang blogger saja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>