Jumat, 24 Oktober 2014
Breaking News
Home » Articles » Fungsi, Rumus dan Formula Pada Microsoft Excel

Fungsi, Rumus dan Formula Pada Microsoft Excel

Seringkali kita dibuat bingung dengan istilah-istilah tersebut yakni Fungsi, Rumus dan Formula. Ketiga istilah tersebut hampir sama, namun berbeda maknanya. Saat kita mempelajari program pengolah angka seperi Microsoft Excel, kita pasti akan bertemu dan dikenalkan dengan Formula bar. Formula bar ini adalah salah satu bagian dalam Microsoft Excel untuk menuliskan formula atau fungsi.

Ms Office Excel

Fungsi merupakan perintah atau command yang telah ada pada sistem Microsoft Excel seperti SUM, AVERAGE, RIGHT, dan lainnya. Sedangkan Formula adalah rumus buatan sendiri dengan menggunakan operator yang ada, bisa juga menggunakan fungsi atau kombinanasi kedua-duanya. Untuk menuliskan fungsi, rumus, dan formula dapat diletakkan di Formula Bar pada program Microsoft Excel. Adapun ciri-ciri fungsi, rumus, dan formula adalah sebagai berikut:

Ciri-ciri Fungsi:

  1. Diawali dengan tanda =  (sama dengan)
  2. Ketika mengetikkan huruf awal dari nama fungsi, sistem akan memberikan saran/suggestion/auto detect
  3. Dilengkapi dengan argumen, baik berupa angka, label, rumus, alamat sel atau range.
  4. Argumen diletakkan dalam tanda kurung ()

Ciri-ciri Rumus/Formula:

  1. Diawali dengan tanda = (sama dengan)
  2. Bisa dicustomize dengan rumus buatan sendiri dengan melibatkan operator aritmatika, operator perbandingan, dan fungsi

Nah, itu tadi pengertian fungsi, rumus, dan formula pada Microsoft Excel. Semoga sobat dapat memahami arti kata-kata tersebut. Saya juga masih mempunyai satu postingan lagi tentang penggunaan rumus Microsoft Excel SUM, AVERAGE, MAX, MIN, VLOOKUP, dan HLOOKUP (klik link di samping). Semoga bermanfaat!

About Anas

Hanya seorang blogger saja!