Rabu, 23 April 2014
Breaking News
Home » My Stories » Cara Mengurus NPWP

Cara Mengurus NPWP

NPWP merupakan singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. Merupakan sebuah nomor yang berfungsi sebagai identitas atau tanda pengenal yang diberikan kepada wajib pajak dalam melaksanakan urusan perpajakannya.

Saya mengetahui NPWP ini dari rekan kerja saya. Saat itu, kami ngobrol masalah liburan ke luar negeri dan diskon pembelian tiket pesawat terbang untuk periode tertentu. Dalam perbincangan saya dengan teman saya tadi, jika kita memiliki NPWP maka kita akan terbebas dari segala biaya fiskal saat melakukan perjalanan ke luar negeri.

Selain itu, blog saya juga mengikuti sebuah broker atau jaringan iklan yang menyediakan layanan Pay Per Click (PPC), Pay Per Action (PPA) dan Pay Per Post (PPP) pada blog berbahasa Indonesia. Ya menurut saya broker tersebut pantas untuk diikuti dan dapat menjadi pesaing Google Adsense. Dalam ketentuan minimum payout adalah Rp150.000,- (berlaku mulai Februari 2011). Selain itu, sebagai Warga Negara Indonesia yang baik payout kita akan dipotong 2% (bagi yang memiliki NPWP) dan 4% (bagi yang belum memiliki NPWP).

Nah, dua hal di ataslah yang membuat saya tertarik untuk mengurus NPWP. Siang tadi sekitar pukul 10.55 WIB, saya mendatangi KPP Pratama Surabaya Barat beralamat di Jalan Bukit Darmo Golf No. 1 Surabaya untuk mengurus NPWP. Setelah itu saya mengisi formulir dan mengambil nomor antrian. Tak lama kemudian, nomor antrian saya muncul dan saya menyerahkan formulir tersebut beserta fotokopi KTP kepada petugas loket. Selanjutnya, saya menemui salah satu pegawai dengan membawa 3 lembar kertas di ruang pelayanan. Setelah menemui pegawai tersebut, saya diminta menunggu sekitar 30 menit di ruang tunggu. Dan tak lebih dari 30 menit, kartu NPWP saya sudah jadi tanpa dipungut biaya sepeserpun (gratis). Secara umum, saya sangat puas dengan pelayanan KPP Pratama Surabaya Barat.

Bagi Anda yang ingin mengurus NPWP, tempat pendaftarannya harus sesuai dengan alamat domisili KTP Anda. Untuk daftar lengkap alamat KPP se-Indonesia silahkan klik link ini. Anda juga dapat melakukan registrasi NPWP online melalui website resmi Dirjen Pajak melalui link berikut: e-Registration.

Belum punya NPWP? Apa kata dunia… :)

Cuma 3 langkah: Mengisi Formulir > Menyerahkan Formulir + Fotokopi KTP > Menunggu Sebentar > Jadi Deh.

About Anas

Hanya seorang blogger saja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>