Kamis, 2 Oktober 2014
Breaking News
Home » Suggestions » Cara Menghapus Virus Komputer Dengan Mudah

Cara Menghapus Virus Komputer Dengan Mudah

Munculnya virus pada komputer kita tentu saja sangat menjengelkan. Biasanya, virus komputer menyembunyikan atau menyamarkan dokumen menjadi bentuk aplikasi baik .lnk, .scr maupun .exe. Namun, ada juga beberapa jenis virus yang mengubah file system kemudian mengubah registry sehingga ada beberapa menu atau program komputer yang tidak berjalan dengan normal. Jenis virus yang menyerang file system termasuk kategori ganas, karena dapat merusak OS bahkan komponen yang ada di dalam komputer. Satu-satunya cara untuk menghapus virus yakni dengan menginstall ulang sistem operasi yang ada pada komputer tersebut.

Virus Ramnit

Walaupun virus shortcut yang menyamarkan file dokumen menjadi .lnk, .src, maupun .exe tidak begitu berbahaya, tapi kemunculannya yang secara terus-menerus membuat kita semakain kesal. Bahkan virus komputer  semakin lama tidak semakin berkurang, malah semakin lama menjadi semakin banyak. Semakin dihapus, virus semakin merajalela bahkan di setiap folder terdapat virus. Tentu saja hal ini akan menyulitkan kita untuk menghapus virus yang sudah bersarang di komputer.

Virus Shortcut

Virus biasanya menyebar melalui flashdisk. Media penyimpanan yang satu ini menjadi inang bersarangnya virus, siap menyebar begitu flashdisk ditancapkan ke port USB komputer. Kurangnya kesadaran pengguna untuk selalu mengupdate antivirus juga menjadi salah satu penyebab semakin merajalelanya virus komputer. Bahkan, tidak adanya akses internet juga dapat membuat antivirus menjadi out of date . Namun sobat tidak perlu khawatir, berikut cara menghapus virus komputer dengan mudah:

  1. Install dua antivirus yang terdiri atas antivirus lokal dan internasional. Antivirus lokal ini berguna untuk memproteksi dan menghapus virus lokal yang ada di dalam komputer. Sedangkan antivirus internasional ini berguna untuk memproteksi dan menghapus virus yang biasa menyerang komputer di seluruh penjuru dunia. Saya sarankan sobat menginstall antivirus Smadav dan Avast!.
  2. Lakukan update antivirus hingga up to  date atau menjadi paling mutakhir.
  3. Lakukan full scanning pada komputer hingga semua virus berhasil terdeteksi. Jika diperlukan, sobat dapat melakukan melakukan scanning menggunakan fitur boot scan yang ada pada beberapa antivirus seperti avast!.
  4. Segera hapus file virus yang terkarantina agar space kosong pada Harddisk semakin longgar.
  5. Gunakan fasilitas Tools > System Editor pada antivirus smadav untuk membuka semua aplikasi yang diblok oleh virus seperti Ms. Config, Folder Option, Control Panel, Task Manager, dll.
  6. Periksa dengan hapus entry virus pada autorun atau startup Windows. Untuk startup Windows sobat dapat menggunakan tool bawaan windows MSConfig. Untuk menjalankan sobat gunakan menu Start > Run > MsConfig.
  7. Lakukan full scanning menggunakan antivirus smadav untuk mengetahui file atau folder yang dihidden oleh virus. Kemudian klik tombol unhide pada antivirus Smadav agar file atau folder kembali terlihat.
  8. Lakukan restart jika diperlukan agar penghapusan virus berjalan optimal.
  9. Apabila semua langkah sudah dilakukan, namun virus masih saja menyerang komputer siap-siap saja untuk melakukan install ulang. Jangan lupa untuk meginstall antivirus yang up to date dan menginstall kembali semua driver agar kinerja hardware berjalan optimal.
  10. Selamat mencoba!

Nah, itu tadi cara menghapus virus pada komputer dengan mudah. Untuk mencegah virus datang kembali sebaiknya sobat rajin update antivirus, walaupun sobat tidak memiliki akses internet, sobat dapat melalukan update secara manual. Semoga artikel ini membantu dan mencegah komputer terinfeksi oleh virus.

About Anas

Hanya seorang blogger saja!