Kamis, 27 November 2014
Breaking News
Home » Articles » BNI e-Secure, Pengaman Internet Banking Anda

BNI e-Secure, Pengaman Internet Banking Anda

BNI e-Secure merupakan sebuah alat konversi yang berfungsi sebagai pengaman tambahan dalam bertransaksi online di Internet Banking pada bank BNI. Tanpa BNI e-Secure nasabah BNI tidak dapat melakukan transaksi finansial yang meliputi transfer uang, pembayaran tagihan (telepon, listrik, dll), pembayaran pajak dan pembelian voucher pulsa kartu prabayar, tetapi hanya dapat melihat saldo dan mutasi rekening terakhir.

BNI e-Secure

Untuk memiliki BNI e-Secure ini sangatlah mudah, yang pasti terlebih dahulu kita harus memiliki akun di Internet Banking pada bank BNI. Jika belum punya, silahkan mendaftar di mesin ATM terdekat di daerah Anda. Setelah melakukan registrasi di ATM, kita dapat melakukan aktivasi akun tersebut dengan membuka https://ibank.bni.co.id/ atau kita dapat langsung menuju halaman TKP di https://ibank.bni.co.id/pages/activasi.jsp . Ikuti saja petunjuk yang ada.

Nah, setelah akun Internet Banking berhasil diaktivasi, kita dapat memesan BNI e-Secure melalui menu Administrasi > Registrasi BNI e-secure, selanjutnya kita akan diminta memilih kantor cabang BNI terdekat, kemudian ikuti instruksi yang ada. Setelah kita mengikuti instruksi yang ada, kita akan menerima pemberitahuan untuk pengambilan BNI e-Secure di cabang BNI yang telah dipilih tadi dengan waktu pengambilan 10 hari setelah pemesanan. Adapun persyaratan yang harus dibawa yakni Bukti pemesanan BNI e-Secure, KTP, kartu ATM dan Butab BNI.

Setelah kita mengambil BNI e-Secure, kita dapat melakukan proses aktivasi agar BNI e-Secure tersebut dapat digunakan untuk transaksi finansial. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Login ke BNI Internet Banking di https://ibank.bni.co.id menggunakan User ID dan Password yang telah dimiliki.
  2. Pilih menu Administrasi
  3. Selanjutnya klik Aktivasi BNI e-Secure
  4. Masukkan Serial Number di kolom isian yang telah disediakan
  5. Masukkan Nomor Respon BNI e-Secure ke kolom isian
  6. Klik tombol Aktifkan
  7. Selesai
  8. BNI e-Secure Anda telah berhasil diaktifkan. Jika Anda mengalami kesulitan silahkan ikuti instruksi yang ada atau menghubungi 68888 (via HP).

Petunjuk penggunaan BNI e-Secure ini dapat dilihat secara detail di buku kecil yang disertakan saat pengambilan alat tersebut. BNI e-Secure akan terblokir / terkunci jika kita salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut. Adapun ciri-ciri BNI e-Secure yang terblokir adalah:

  1. Terdapat tulisan “Lock PIN FAIL 3″ pada layar BNI e-Secure.
  2. Pesan ini akan tampak selama beberapa menit, kemudian layar tersebut mati.
  3. Setelah layar tersebut mati, kemudian dihidupkan kembali akan muncul sebuah kode acak yang digunakan untuk membuka blokir PIN.

Terus bagaimana cara membuka Blokir PIN BNI e-Secure? Yang harus kita lakukan pertama kali adalah menghubungi 68888 (via HP) atau datang ke kantor BNI terdekat. Selanjutnya, sampaikan bahwa PIN BNI e-Secure milik Anda telah terblokir. Selanjutnya Anda akan ditanyai tentang data-data pribadi Anda (jawablah dengan jujur dan benar), jika data pribadi Anda cocok dengan data pribadi yang ada dalam database bank BNI maka proses pembukaan blokir PIN BNI e-Secure akan dilanjutkan. Anda selanjutnya diminta untuk memasukkan kode acak yang tampil di layar BNI e-Secure. Kemudian petugas tersebut akan memberikan kode PUK yang digunakan untuk membuka blokir PIN BNI e-Secure. Masukkan kode PUK tersebut, BNI e-Secure telah aktif kembali. Masukkan PIN yang baru sebanyak 2 kali. Selesai.

Sudahkah Anda menggunakan fasilitas Internet Banking?

About Anas

Hanya seorang blogger saja!