Sabtu, 20 Desember 2014
Breaking News
Home » Articles » Opinions » Apa Yang Terjadi Seandainya Sehari Tanpa Internet?

Apa Yang Terjadi Seandainya Sehari Tanpa Internet?

Hidup tanpa cinta, bagai taman tak berbunga, hai.. begitulah kata para pujangga. Bagi Anda pecinta lagu dangdut, mungkin tak asing dengan lirik lagu tersebut. Sama halnya dengan internet, sehari tanpa internet, bagai langit tak  berbintang. Kenapa tidak ada bintang yang tampak? Hal itu karena bintang tertutupi awan-awan gelap pekat yang menghalangi mata polos kita.

Indonesia Genggam Internet

Internet adalah sebuah angin segar yang membawa dampak positif bagi siapapun yang menggunakannya. Walaupun tak dapat dipungkiri masih saja ada dampak negatif yang muncul. Hampir semua sendi kehidupan dan profesi memanfaatkan internet untuk menunjang kelancaran aktivitasnya. Sebagai contoh, seorang pelajar menggunakan Internet untuk mencari informasi. Dalam hal ini internet dapat diibaratkan sebagai jendela dunia yang dapat meneropong jauh ke segala penjuru dunia. Hampir semua informasi dapat ditemukan melalui media internet ini. Semua transaksi jual beli, surat menyurat, termasuk transaksi perbankan juga telah memanfaatkan media internet sebagai penunjang aktivitas mereka.

Sebagai seorang blogger dan guru TIK, saya sangat terbantu dengan paket internet dari Telkomsel. Dengan adanya paket tersebut, kebutuhan internet cepat yang saya butuhkan telah tercukupi. Tiap hari saya harus mempublikasikan 2-3 artikel tips dan trik di beberapa blog yang saya miliki agar dapat mempertahankan PV (page view) dan visitor yang banyak. Di sekolah pun demikian, di saat materi yang disampaikan selama tatap muka dirasa kurang cukup, saya memanfaatkan semua sumber daya yang ada di internet untuk meng-explore dan mengasah kemampuan anak didik saya. Hasilnya, sangat luar biasa. Anak didik yang selama ini jarang memanfaatkan internet, kini mahir dan kreatif menggunakan internet. Tentu saja, saya harus mengajarkan terlebih dahulu cara dan etika dalam berinternet agar tidak tersesat dan larut dalam dampak-dampak negatif dari internet.

Pernah suatu ketika modem yang biasa saya pakai terjatuh di tengah jalan dan menghilang, tidak tahu entah ada di mana. Saya tidak bisa online seharian. padahal ada banyak tugas anak-anak yang belum dikoreksi. Blog pun tidak terupdate selama seharian. Keesokan harinya, trafik blog saya menurun 20% dan saya dimarahi oleh kepala sekolah gara-gara telat mengoreksi jawaban anak didik saya. Coba bayangkan, baru seorang saja dampaknya begitu besar, apalagi sekalanya massal. Seperti gangguan internet akibat putusnya jaringan bawah laut atau rusaknya satelit. Tentu Anda akan sangat terganggu bukan? Tidak hanya terganggu aktivitasnya, roda perekonomian, pendidikan, maupun perbankan juga ikut terpengaruh oleh gangguan Internet tersebut.

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 buah (DEPDAGRI, 2004). 7.870 pulau di antaranya telah mempunyai nama, sedangkan 9.634 pulau belum memiliki nama. Tidak semua wilayah di Indonesia telah merasakan Internet. Ada sebagian daerah tertinggal yang masih belum merasakan kemajuan teknologi bahkan mencoba Internet itu sendiri. Memang tidak dapat dipungkiri untuk membangun infrastruktur sarana dan prasarana yang mendukung internet tidaklah segampang membalik telapak tangan. Butuh sebuah komitmen dan perjuangan yang cukup berat untuk menghadirkan Internet di daerah yang belum tersentuh internet tersebut.

Telkomsel adalah perusahaan telekomunikasi seluler terbesar dan tertua di Indonesia yang terus berkomitmen memajukan bangsa dengan menyediakan Internet murah dan terjangkau. Selain itu, Telkomsel berkomitmen untuk memberantas buta Internet (BuNet) dengan cara menggalakkan program Indonesia Genggam Internet. BuNet adalah istilah pelanggan Telkomsel yang hanya menggunakan nomornya untuk menelepon dan SMS, tapi belum pernah mengaktifkan paket internet. Sayang banget bukan? Nah, dengan program Indonesia Genggam Internet tersebut para Agen atau siapapun diharap dapat berbagi ilmu dan pengalaman menggunakan internet kepada orang lain yang belum pernah merasakan manfaat internet. Caranya mudah, tekan *363*2*1# kemudian ikuti petunjuk yang ada.

Nah, itu adalah cerita versi saya. Bagaimana dengan Anda? Apa Yang Terjadi Seandainya Sehari Tanpa Internet? Dan pesan terakhir dari saya, jangan biarkan ada orang yang belum pernah merasakan manfaat internet. Ayo berantas BuNet dengan mewujudkan Indonesia Genggam Internet bersama Telkomsel!

About Anas

Hanya seorang blogger saja!

12 comments

  1. Minta bantuan internet ke kepala sekolah..hhha

  2. Sepertinya orang-orang sekarang lebih khawatir pada Gangguan koneksi internet ya :D
    Udah jadi primary needs tuh…

    • Bener mas.. Lah mau gimana? emang sekarang internet begitu dibutuhkan di segala bidang dan aspek kehidupan.

      • Tapi juga nggak boleh sangat bergantunng juga kan mas? Saya punya temen yang setiap 10 menit sekali update status, ada wifi langsung update.

        Kan temannya ikuta ndak nyaman ^.^

  3. kalu kebiasaan internetan, dunia terasa sepi hehe

  4. sekarang apa-apa memang serba online dan membutuhkan jaringan internet, bahkan berita yang biasanya dibaca melalui koran saja saat ini sudah ada berita online :O.

  5. alhamdulillah, gak ada internet dalam satu hari, bisa ngaji dong

  6. Wah, pasti akan merasa dunia seakan sulit untuk digenggam nih,
    Sekarang, internet bagaikan penolong dan penyemangat hidup ketika mencari data informasi ..
    apalagi internet sudah menjadi kebutuhan pokok manusia jaman sekarang :)

    Tapi untung juga ada Telkomsel ya, yang berkomitmen memajukan bangsa dengan menyediakan Internet murah dan terjangkau, haha :D

    • Bener banget mas..

      tapi kalau udah ada internet, dunia ini seolah-olah kecil mas. Jadi makin gampang untuk digenggam. Yang penting ayo ikutan sebarin ilmu internet kita kepada yang belum pernah merasakan manfaat internet. :)

  7. kalau gak ada internet, bisa-bisa kerjaan saya bakalan terbengkalai Mas.

    Semua harus online